Tips Penggunaan dan Perawatan Laptop

Tips Penggunaan dan Perawatan Laptop

Agar kita dapat menggunakan laptop dengan aman dan nyaman perlu mengetahui tips perawatan laptop,  baterai laptop, dan cara penggunaan laptop yang baik. Terutama perawatan laptop baru agar baterainya dapat bertahan lama. Belakangan banyak rekan di kampus yang mengeluhkan bahwa laptopnya hanya bertahan beberapa menit saja dan ada lagi yang lebih parah laptopnya ‘matot’ alias mati total saat bekerja. Nah artikel ini khusus buat yang baru punya laptop atau ingin laptopnya awet.

Saat memang ini hampir semua kalangan telah menggunakan laptop dalam menjalankan aktivitas, seperti mengajar (bagi guru dan dosen), mencari tugas bagi siswa dan mahasiswa, surfing, chatting, atau sekedar mengetik tugas dan facebook-kan. Laptop memiliki beberapa keunggulan seperti praktis yang bisa dibawa kemana saja dan bisa bekerja dengan baterai tiga jam atau lebih pada laptop baru. Nah bagaimana agar kemampuan laptop kita tetap seperti baru?

Memang sangat tidak praktis dan efisien kalo kita harus selalu nyolokin kabel laptop saat mengoperasikannya, yah apa bedanya dengan PC dong? Selain tidak semua tempat menyediakan colokan listrik juga ketersediannya sangat terbatas, jadi anda juga harus bawa cable round agar bisa berbagi… hiii repot banget kan?

Dari beberapa hasil surfing dan bertanya dapat saya kumpulin beberapa tips perawatan Laptop agar awet dan tahan lama saat menggunakan batery.

·Lakukan defrag secara teratur

Semakin cepat kinerja hard drive anda maka semakin hemat baterai anda, oleh karena itu buat hard drive anda seefisien mungkin dengan melakukan defrag secara teratur. Cara mendefrag klik START, kemudian All programs lalu Accessories, pilih Sistem Tools dan klik Disk Defragmenter. Lalu lakukan defrag untuk masing-masing partisi pada laptop anda. Lakukan disk defragment ini secara rutin. Jika hal ini belum pernah dilakukan maka hal ini akan cukup memakan waktu.

·Kurangi cahaya monitor anda

Untuk menghemat energi baterai anda, kurangi cahaya monitor laptop sampai batas toleransi yang sesuai untuk mata anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan keyboard seperti laptop Accer dengan menekan key Fn dan secara bersamaan. Semakin sedikit pencahayaan semakin panjang masa menggunkan batery.

·Hindari menyambung kabel terus-menerus

Kebiasaan mencolokkan kabel saat baterai telah penuh adalah awal kerusakan baterai. Jika baterai telah penuh lepaskan kabel pengecasan. Maka selalu awasi kode lampu yang menunjukkan baterai telah penuh, segera lepaskan kabelnya. Sehingga laptop bekerja dengan baterai. Selain itu anda juga dapat melepas baterai dan hanya menggunakan listrik saja, namun ini beresiko kehilangan data jika listrik mendadak mati.

·Matikan program yang tidak perlu

Jika anda tidak menggunakan program tersebut sebaiknya anda matikan, misalnya: Itunes, Desktop Search, dan lainnya. Program-program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Yah kira-kira sesuai motto PLN, yang penting matikan disaat penting. Eh salah yang penting matikan yang tidak penting.

·Matikan hardware eksternal

Alat-alat eksternal yaitu yang disambung dengan USB (termasuk mouse dan cooling pad anda) dan WiFi, atau printer yang selalu terpasang ke Laptop, semuanya menyedot tenaga baterai anda. Cabut atau matikan.

·Ganti mouse dan keyboard wireless

Jika anda memang harus menggunakan mouse dan keyboard ekternal, maka gunakan perangkat yang menggunakan kabel bukan wireless mouse. Hal ini dikarenakan mouse dan keyboard yang memiliki kabel relative menghabiskan sedikit energi dan lebih menghemat penggunaan baterai.

·Tambahkan RAM

Jika anda sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, sebaiknya anda menambah RAM laptop anda. Penggunaan virtual memory lebih membebani hard drive sehingga baterai laptop lebih cepat habis.

·Gunakan hard drive daripada CD/DVD

Walaupun hard drive banyak menghabiskan tenaga baterai, tetapi CD dan DVD menghabiskan energi lebih banyak lagi, bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan. Jika memungkinkan simpan dalam harddisk anda. Akan lebih baik jika menggunakan program virtual drive seperti Alcohol 120%.

·Jaga kebersihan baterai.

Coba buka baterai yang terdapat dibagian bawah laptop anda dan bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara teratur, sehingga transfer energi dari baterai anda menjadi lebih efisien.

·Jaga kondisi baterai.

Tidak baik untuk membiarkan baterai yang terisi dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, anda sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu. Satu hal yang harus diingat, jika baterai laptop anda Li-On maka jangan pernah menggunakannya sampai benar-benar habis.

·Pilih hibernate, jangan standby

Seringkali kita membuat laptop dalam mode standby sehingga dapat langsung aktif saat disentuh walaupun ditinggal tidur. Hal ini memang menghemat baterai dan anda dapat langsung menggunakan laptop anda kapan saja. Tetapi sebenarnya laptop anda tidak benar-benar mati.

Maka, sebaiknya gunakan fungsi hibernate yang dapat menghemat energi listrik jauh lebih banyak karena fungsi ini benar-benar mematikan laptop anda jika tidak disentuh dalam kurun waktu yang anda tentukan sendiri.

Untuk melakukan hibernate bisa dilakukan pada control panel atau pada layar depan dengan mengklik kanan dan mengambil Properties, Screen Saver, dan pilih Power yang berada di kanan bawah. Silahkan atur waktu hibernation-nya.

Setelah hibernate, jika anda menekan tombol power, ia akan kembali seperti sebelum saat mati. Jadi anda dapat meneruskan tugas anda atau tulisan anda. (Tunggu paling sedikit 30 detik untuk menyalakan ulang laptop).

·Jaga suhu laptop anda.

Laptop akan berfungsi dengan lebih efisien jika suhunya lebih dingin. Maka bersihkanlah ventilasi udaranya dengan kain halus atau pembersih keyboard. Bila menggunakan pelindung keyboard, lepaskan jika suhu terasa meningkat.

·Jangan menggunakan laptop di tempat tidur/Bantal/Karpet Tebal

Lho emang kenapa? Begini bila bagian bawah laptop tertutup hal ini akan meningkatkan suhu laptop. Jadi menggunakan laptop dengan beralaskan bantal adalah suatu ide yang buruk karena akan menutupi ventilasi udara. Bila benar-benar ngebet pengen ngetik di tempat tidur, ya beli aja meja kecil tempat meletakkan laptop anda.

Pikirkan juga bila anda menggunakan pembungkus laptop yang menghalangi ventilasi. Bahkan pernah teman yang akhirnya laptopnya mati total. Demikian juga jika Anda menggunakan laptop di atas permukaan yang lunak (sejenis karpet tebal) yang dapat mengakibatkan ventilasi tidak lancar.

·Atur ‘power options’ supaya optimal

Pilih ‘Power Options’ di control panel anda dan aturlah supaya penggunaan energi laptop tetap optimal (pilih Max Battery) untuk efek maksimum).

·Hindari multitasking

Lakukan sesuatu secara satu persatu jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Jangan bekerja dengan multitasking jika anda memang ingin menghemat baterai anda karena hal ini menguras energi.

·Kurangi beban CPU anda.

Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan winamp apalagi game atau menonton DVD, pasti cepat habis. Jadi pilih prioritas anda dengan bijaksana.

·Kurangi beban grafis

Anda bisa melakukan hal ini dengan mengganti resolusi layar anda dan mematikan driver grafis yang tidak dibutuhkan. Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.

·Matikan Laptop Anda

Jika Anda tidak menggunakannya untuk beberapa jam, seperti di waktu tengah malam sebaiknya ya matikan saja. Anda masih dapat menghemat energi, walaupun laptop/computer Anda mungkin tidak mati dengan sempurna, yakni dengan men-setting fungsi management power pada computer Anda untuk membuat monitor dan computer (CPU, harddisk, dan sebagainya) dalam mode ‘sleep’ setelah beberapa jam tidak digunakan. Hal tersebut dapat menghemat energi ketika Anda tidak aktif menggunakan computer. Tapi seperti telah disebutin di atas, hibernation lebih irit lagi.

Jika Anda ingin menyalakan laptop kembali setelah dimatikan, tunggu kira-kira 30 detik agar harddisk anda lebih awet.

·Beli baterai baru

Bila laptop anda tetap tidak bisa tahan, kemungkinan baterainya telah rusak duluan karena anda terlambat membaca tulisan ini. Namun tidak apa-apa. Ada langkah yang cukup bagus dengan cara membeli baterai baru dan menghindari semua kebiasaan buruk terutama menggunakan laptop saat dicolokin ke listrik.

·Beli laptop baru

Namun jika langkah diatas juga tidak ”mangkus” mungkin cara terakhir ini cara mungkin yang paling mudah namun bukan berarti paling murah. Jadi jika anda punya budget yang cukup beli aja laptop baru. Saat ini telah hadir laptop yang semakin efisien telah mencapai suatu titik dimana bahkan para produsen kini telah berani menjanjikan baterai yang dapat tahan satu hari penuh. Tapi selama anda tidak melakukan kebiasaan buruk saat berlaptop di atas.

Menyalakan Laptop dengan Tanpa Batery

Belakangan sering ditanyakan bagaimana dampak jika menggunakan laptop langsung tanpa batery (AC) dalam artian langsung kabel dipasang dan batery-nya dilepas. Hal ini boleh dilakukan dan akan dapat menjaga kondisi batery tetap awet. Namun, jika listrik sering mati mendadak mungkin ini beresiko kerusakan program atau kehilangan data.

Hal ini boleh dilakukan,  namun jangan terlalu lama membiarkan batery dalam keadaan tidak terpakai (idle/unused) terlalu lama. Hal ini juga bisa merusak batery.

Tips Tambahan:

ØSaat baterai yang cukup penuh, anda sebaiknya anda mematikan fungsi autosave ketika menggunakan MS Word atau Excel karena mereka dapat menambah beban yang tidak diperlukan pada hard drive anda. Dan sebaliknya ketika baterai laptop anda sudah hampir habis, sebaiknya anda mengaktifkan kembali fungsi autosave karena anda tidak akan pernah tahu kapan baterai laptop anda benar-benar habis. Dan ketika hal tersebut terjadi, tentu saja anda tidak ingin pekerjaan anda hilang bukan? Jika bingung ya biarin aja autosave selalu… :).

Bookmark and Share

Source: dari berbagai sumber dan pengalaman.

ditulis oleh: Havid Ardi RKM, S.Pd., M.Hum.

·Beli laptop baru Namun jika langkah diatas juga tidak ”mangkus” mungkin cara terakhir ini cara mungkin yang paling mudah namun bukan berarti paling murah. Jadi jika anda punya budget yang cukup beli aja laptop baru. Saat ini telah hadir laptop
About these ads

86 thoughts on “Tips Penggunaan dan Perawatan Laptop”

  1. mas kalo compaq p v3000, cara untuk memburamkan grafich pada layar gimana ya???
    dan untuk tombol sentuh saya kok g fungsi, tu kenapa ya???
    makasin

    1. Mas Alief, coba tombol sentuh diaktifkan dengan menekan fn F7 bersamaan, kebetulan di acer tombol tersebut untuk meng on/off kan tombol sentuh. Biasanya untuk pengaktifnya ada yang menggunakan tombol, atau lihat gambar tangan dan kotak.
      Tapi dari beberapa sumber katanya malah fn F7 untuk menggelapkan grafik. Untuk memastikan mas lihat gambar matahari hitam/biru.

  2. Mas, saya kan kemaren bau beli baterai laptop baru, tapi kok maks nya cuma sebentar ya, 1 jam doank, kenpa ya? padahal lumayan mahal baterai nya.

    1. Setelah baterai pertama dipake, sebaiknya dicas tanpa dinyalakan selama empat jam. Namun jenis baterai laptp juga macam2 Mas Ryan, beda harga tergantung kualitas dan durasinya.

    1. Begini mas. jika di tempat Mas Sugiyanto jarang mati lampu sebaiknya baterynya dicopot aja jadi gak repot buka n pasang kabel charger. Kebanyakan teman2 memilih cara ini sehingga batery lebih tahan karena tidak di cas pada saat dioperasikan.
      Kalo memang listrik sering mati mendadak mungkin terpaksa batery dipasang dan saat ada info batery low baru di cas, jika batery penuh dengan indikator lampunya berubah segera copot cable chargernya. Jika lupa batery bisa doll alias rusak

      Makasih kunjungannya

  3. mas saat sy hidupin laptop dengan batre n dicharger,setelah batre penuh dan laptop hidup lalu saya ambil batrenya tanpa mematikan laptop yang dicharger boleh g?akibatnya apa?thank

    1. Sejauh ini dan beberapa laptop teman lainnya, dengan mencabut batery tidak berpengaruh pada laptop. Karena charger memiliki stabilisator maka arusnya sudah stabil. Masalahnya hanya jika listrik tiba-tiba mati. Hal ini bisa merusak program atau kehilangan data.
      Kalau baterynya sendiri ternyata lebih awet dari pada tetap mencasnya atau pasang dan buka kabel charger.

  4. aslkm,salam kenal mas.infonya apik!btw sy pake toshiba satellite L510,tombol2 keyboardnya agak ringkih ya,khwtr lepas,bisa diganti yg bhnnya lbh keset ga ya?trus utk awetnya lcd,mesti dikasih pelindung apa?bila lcd berdebu,dilapnya pake bhn apa?makasih atas replynya..

  5. terima kasih banyak infonya, ini sangat membantu bagi kami user laptop pemula. smoga Allah memberikan keberkahan untuk panjenengan amin.

  6. great…tapi saya masih sedikit bingung,,karena kata teman saya yang ahli di bidang computer dia menyarankan agar tidak sesering mungkin mencopot baterai atau menggunakan laptop tnpa bateray sambil di ces,karena akan merusak mesin didalam laptop itu sendiri,jadi saya tidak pernah mencopot batery saya sejak dari beli laptop..gimana itu pak,tolong beri penjelasan biar saya tidak bingung lagi.thanks

  7. ada yang mau saya tanyakan…
    kalo laptop udah lam di pake, terus jadi macet or loadingnya lama kira-kira masalahnya dimana y?
    thanks before…..

  8. makasi ats infony….mhon dperbanyak lg info2 pnting tntng laptop program2 baru ,,,aplikasi2 baru..pkokny yg penting2 lah..MAKASIH

  9. makasih atas info ny…..dperbanyak lg info2ny makasih…..skalian klo ada program ato aplikasi bwt laptop d informasikan..thanx

  10. mas saya pake laptop axioo cnw p.015 kok kenapa batere nya cepat habis ya, ???? trus gimana pandangan secara umum tentang laptop sy dengan merk dan seri di atas… makasi. jawab secepatnya ya..

  11. Mas,,,sblumnya slam kenal,,
    Mas,,sebenarnya laptop yang lagi di cas boleh sambil dipakai ggampang ru
    soalnya cerita dari teman2 berbeda, ada yang bilang kalu lagi di cas matiin aja, trus jangan keseringan buka batery nya,,katanya gampang rusak,,ada juga yang bilang kalau lagi di cas dipakai justru yang gampang rusak,,,

  12. saran bagus buat kalangan pemula, termasuk saya juga….. hehe oiya mas, maksimal pengguna’an laptop berapa jam kalo nyalainnya pake kabel colokan…trimakasih

  13. Trims y mas infonya…lengkap n jelas banget….terutama saya, pengguna baru dunia per-leptop-an di jagad raya ini….

  14. bagi2 hadiah dan kartu kredit UOB buana gratis.cash back 20 % di spbu,supermarket,tagihan2,dll
    UOB Buana adalah bank asing dari singapore yang ada di indonesia.
    dimana UOB Buana adalah bank nomor 1 di Singapore.
    Disini saya hanya mencoba memberikan Jasa Pembuatan Kartu Kredit dari Bank UOB Buana dengan Syarat yang Mudah,Gratis,dan banyak Promo2 dan diskon2 nya dengan Proses yang Cepat !!!

    ada 3 jenis kartu kredit UOB buana yg saya tawarkan=
    1.[B]GOLD (ONE CARD).[/B] limit 5-100 juta
    kartu ini dilengkapi oleh visa paywave untuk pembayaran yang mudah,cepat dan aman. ada promo CASH BACK 20% di semua supermarket,di semua spbu,dan tagihan bulanan (listrik,pam,telepon) melalui UOB bill pay
    promo lainya adalah cash back 20% di oh lala cafe, cash back 15% di toko buku kinokuniya,cash back 5% di outlet ibox,eStore,selular shop.
    lalu buy 1 get 1 free entrance di X2,EGO,EQUINOX.

    2.[B]GOLD[/B] limit 5-100 juta
    diskon di restaurant2 up to 30% di beberapa daerah seperti jakarta,bandung,surabaya,medan
    cicilan bunga 0% untuk mobile phone,gadget,furniture,electronic,jewellry,health care,car accessories,education,camera,dan home appliances.

    3.[B]PLATINUM[/B] limit 20-200 juta
    diskon di restaurant2 up to 50% di beberapa daerah seperti jakarta,bandung,surabaya,medan
    cicilan bunga 0% untuk mobile phone,gadget,furniture,electronic,jewellry,health care,car accessories,education,camera,dan home appliances.
    [B]
    kelbihan dan keuntungan keuntungan memakai UOB buana adalah[/B] =
    1.mendapatkan diskon2 di ribuan merchant di singapore
    2.kurs rendah untuk setiap pembelanjaan di singapore
    3.mendapatkan 1 poin reward setiap transaksi sebesar rp1000,00 (GOLD)
    4.mendapatkan 2 poin reward setiap transaksi sebesar rp1000.00 (PLATINUM)
    5.miliage program = poin dapat ditukarkan untuk terbang ke beberapa negara, minimum 2500 untuk perjalanan 100 mileage(PLATINUM)
    6.travel insurance=asuransi perjalanan diberikan kepada pemegang kartu kredit UOB buana sampai 1 milyar.(PLATINUM)
    7.UOB flight center = reservasi dan pembelian tiket perjalanan melalui call center UOB,bebas biaya
    8.UOB regional privileges = diskon merchant2 di indonesia,singapore,malaysia,hongkong,dll
    9.free airport lounge (PLATINUM)
    10.UOB bill pay = kemudahan pembayaran tagihan bulanan dengan otodebet ke kartu kredit UOB anda
    11.UOB Flexipay = belanja dengan cicilan ringan 0% di berbagai merchant hingga 24 bulan
    12.UOB balance tranfer = dapat memindahkan saldo kartu kredit bank lain ke kartu kredit UOB buana
    13.UOB credit ptotection = asuransi dari prudential
    [B]
    syarat-syarat untuk mengajukan kartu kredit UOB buana[/B] =
    1. fotocopy / scan KTP
    2. fotocopy / scan kartu kredit bank lain.
    -minimal limit kartu kredit bank lain 5juta(GOLD,GOLD ONE CARD), 20 juta (PLATINUM)

    [B]bagi yang tidak mempunyai kartu kredit atau syarat nomor 2 belum terpenuhi bisa memakai[/B] =
    1.SLIP GAJI asli
    2.Surat Keterangan Penghasilan / Gaji asli
    3.SIUP
    4.NPWP
    5.Rekening tabungan 3 bulan terakhir
    untuk pengajuan hubungi
    chairul sarto utomo
    asm Dewi ika
    UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
    SEMARANG,50000
    VIA SMS 085859467928
    blog herbalmodern.blogspot.com facebook saitoserigala@gmail.com
    untuk pengiriman di luar wilayah semarang bisa lewat email scan di rooly88@gmail.com
    Telephone
    (024) 7608791
    Facsimile
    (024) 7608723

  15. mas,,,,,,laptop aku axioo mnw2015 core 2 duo,,,,laptop aku sering ngeblank dan hang kejadian tersebut setelah pemakian 30 menit dan aku benahi ternyata main box nya yang tidak kuat tetapi sekarang udah aku benahi da sekarang normal,,,,,,,,,,,,,dan pertanyaan aku apa penyebabnya dan bagianama cara mengatasinya,,,,,dan kalau normal agar tidak terjadi kejadian tersebut bagai mana……….??????????tolong cepat di bales ya……..terimakasih

  16. q pernah 1x ngecarge batrai laptop smpe ktiduran ,,n bngun”pagi br keinget??
    ne gmn y??
    pa btrai sy udah mulai rusak??

  17. thankz ats tips nya mas…..

    kebetulan saya baru hadir d dunia perlatopan.

    tpi saya mw tanya,
    kalau memakai laptop hanya durasi 1 jam, atau d bwah 1 jm, gampang rusak g mas…????
    makasih…

  18. tip yang sangat lengkap mas…kebetulan memang saya baru nyari artikel ini karena belum lama ini laptop teman rusak katanya gara-gara lepas batrei saat di gunakan dan langsung dengan di colokin listrik nah itu kebiasaan saya saat kerjakan tugas dan pekerjaan kantor dengan durasi hingga separuh malam sendiri…kadang di kantorpun saya lepas batrenya dan saya cookin kabel chargernya…namun sekarang malah saya kuruangi dan bahkan tidak pernah lagi setelah tahu laptop teman rusak tidak bisa di charger lagi dengan di pasangnya batre dan bahkan tampilanya menjadi blank.. annehhh, dan setelah di service katanya yang rusak chipset nya, saya malah menajdi bingung sekarang ingin ngirit awet batre malah laptopnya yang rusak

  19. punten mas, aqu pemula bagi dunia TIK jd saya mau bnyak nanya ma mas blh,kan? aqu mau beli laptop langkah awal untuk beli laptop yang baru tp ga akan kecewa alias ketipu gmn ya mas? mkasih bnyak mas Havid.

  20. mas,sya mo tanya,,,laptop saya baterynya cuma bertahan sekitar 20 menit, pa ni karena baterynya sudah rusak???,terus saya tiap memakai laptop selalu dalam posisi carger,,sampai berjam2 lamanya,,pa ni bisa merusak laptop saya??? tlng jwbnnya y mas,,,,,lams kenal dari saya,,,orang karawang,,,,,,,

  21. laptop sy tiap kli dhdpin sllu mncul

    “window is not genuine”
    “your computer might be running a counterfeit copy of windows
    – get genuine now
    – ask me later”

    knp y???
    trz g kdng thema laptop sy jg tb2 jdi item lo mncul kt2 t…. knp y???

    1. kayaknya karena menggunakan windows bajakan jadi terdeteksi oleh window. Sebaiknya diganti. tapi hal tersebut gak apa2 cuma bila konek ke internet akan selalu diingatkannya

  22. salam kenal, by the way thanks 4 u’r tips.q ada 1 prtnyaan, pada saat laptop di cas dan indikator lampu blm mnndakan penuh tapi krna hrus bru2 brgkat krja jadi kabel casnya harus dicabut, ap brdmpak bruk juga pd bateri.thanks before

  23. terimakasih atas infonya sangat bermanfaat sekali,..,.
    saya merupakan pengguna laptop dan jarang menggunakan baterai karna saya kbtulan krja d balakang meja,…
    awalnya saya takut mmbuka baterai laptop karna takut rusak tp setelah membaca blog.nya mas sy jd tau
    mudah2 infonya akurat,…

  24. Bang tolong balas ya, kenapa ya setiap colok batre mouse sentuh untuk menggerakkan kursornya yg dilaptop gk bisa/lelet tapi kalo pake mouse USB lancar2 aja..tolong minta solusi supaya benar :-(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s