Ada judul bagus gak Pak?

Callhavid (Solo). Pertanyaan ini seringkali diajukan mahasiswa tingkat akhir yang masih kebingungan karena belum menemukan masalah atau topik penelitian atau tugas akhir yang akan dibuat. Sebenarnya pertanyaan ini agak susah dijawab. Kenapa? Walaupun misalnya, Dosen atau teman udah beri judul bagus banget, tapi bidang tersebut adalah hal yang untouchable bagikita, ya tetap saja kita tidak bisa cepat. So, bagaimana cara yang baik agar kita tidak ngoyo dalam menulis TA.

Pertama, banyaklah membaca. Tidak mungkin kita mampu menulis atau memperoleh judul kalau kita tidak membaca. Trus kita harus baca skripsi semua? Ya, tidak juga. Kita bisa membaca skripsi dari abstraknya karena di sana sudah tergambar isi skripsi tersebut. Kemudian baca buku-buku terkait dengan topik yang kira-kira menarik dengan judul tersebut.

Kedua, buat corat-coret, catatan, atau tulisan ketika ada ide yang muncul di kepala. Saat kita membaca skripsi atau teori, terkadang otak mencerna dan membuat analogi atau pun hipotesis sendiri. Nah, untuk menguji hipotesis dan menguji teori tersebut, ya jadi penelitian deh.

Ketiga, banyaklah diskusi dengan teman dan dosen apakah topik tersebut researchable. Jadi bukan nanyain judul lho. Dari diskusi ini kita akan memperoleh gambaran cara, variable bahkan hambatan yang mungkin ditemui dalam penelitian tersebut.

Keempat, banyak-banyak bermain di internet. Internet ini kan pustaka terbesar anda akan menemukan penelitian sejenis, masalah yang menarik untuk dikaji. tapi ingat jangan mengambil jalan pintas dengan membeli skripsi ‘instan’ dari situs yang memang juga ada. Karena insya Allah anda bisa gagal. Lho? Karena dosen itu juga akses internet kan. So pasti (kayak pemain sinetron aja),  dia tau juga kalau anda mau menipu atau plagiat karya lain. Ini hukumannya amat berat lho, akademik, dunia dan akhirat. (Naudzubillah).

Nah terakhir bagi yang masih pengen liat judul juga silahkan akses di student’s page. Di sana ada beberapa contoh judul yang diadaptasi dari seorang blogger dari Yogyakarta.

Linguistik: judul-bidang-linguistik/

Pendidikan: judul-bidang-pendidikan/

Sastra: judul-bidang-sastra/

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s