Indonesia punya Hari Blogger Nasional

Dorong Pemanfaatan Blog untuk Promosi Wisata Indonesia dan Pendidikan

Dirjen Aplikasi Telematika Depkominfo, Cahyana Ahmadijaya mengatakan,

“Kita sudah menetapkan 27 Oktober sebagai hari blogger nasional, ini akan menjadi awal tumbuhnya komunitas digital di Indonesia,” pernyataan itu disampaikan dalam acara Pesta Blogger 2008 di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta, Sabtu (22/11).  Ia mengatakan bahwa blog telah berkembang tidak hanya menyangkut blogfun saja tetapi sudah ke blogpreneur dan akan berkembang lagi ke aspek sosial lainnya.

Sementara itu, Pemerintah melalui Menteri Kebudayaan dan Pariwisata , Jero Wacik, meminta para blogger turut mempromosikan pariwisata Indonesia ke negara-negara lain sehingga orang asing semakin tertarik mengunjungi kawasan-kawasan wisata di Indonesia. “Pesta blogger kedua akan memicu percepatan network online Indonesia sehingga blog akan menjadi media promosi pariwisata yang lebih efektif,” dalam sambutannya yang dibacakan Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Depbudpar, Firmansyah Rahim. 


Sedangan Menristek Kusmayanto Kadiman mengatakan, pemerintah memberi kebebasan kepada warga untuk membuat blog, namun harus tetap mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku. “Perkembangan blog tidak lepas dari perkembangan teknologi, dan saat ini tidak hanya bermain di tataran teknologi tetapi sudah berkembang ke ekonomi bahkan politik.

Penulis sendiri berharap penetapan Hari Blogger Nasional ini tidak menjadi hal yang sia-sia belaka. Dalam artian dapat memberi manfaat positif bagi masyarakat baik secara ekonomi, pendidikan, kebudayaan, informasi, dan keagamaan. Hari blogger nasional harus dapat mendorong pemanfaatan teknologi infromasi digital ini untuk tujuan positif.

Menurut penulis selain untuk promosi wisata, khusus bagi komunitas pendidikan, blog juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran dan pendidikan melalui pengembangan e-learning. Siswa/mahasiswa dibiasakan membaca dan menulis serta melek teknologi. Melalui internet dan blog informasi dan teknologi dapat berkembang sangat cepat. Informasi ini dapat ditulis siapa pun walaupun jauh di pedesaan selama memiliki jaringan internet.

Melalui Hari Blogger Nasional para guru/dosen juga perlu memikirkan untuk memiliki blog sendiri yang diintegrasikan ke blog/website/situs institusinya masing-masing. Blog guru/dosen diupayakan menyediakan materi bagi siapa atau dilindungi dengan password bagi target pembaca khusus. Hal ini berarti telah memperluas kesempatan belajar dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kita dapat berbagi materi dan saling bertukar informasi sehingga membantu proses pemerataan pendidikan.

Selain itu blog-blog institusi pendidikan sendiri dapat menjadi media komunikasi antar siswa/mahasiswa bahkan alumni. Dari para alumni dapat diperoleh masukan dan informasi bagi perkembangan institusi tersebut.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s