Scaffolding in Writting

Scaffolding in Writting

Nama saya Erni . saya mahasiswa English deparment. saya ingin menulis skripsi tentang pengaruh teknik scaffolding untuk meningkatkan kemampuan writing. tetapi saya belum menemukan referensi yang cukup misalnya contoh scaffold untuk menulis. kemudian ciri-ciri pengajaran scaffolding. apakah bpk bisa memberikan alamat web site yang bisa saya gunakan untuk mencari referensi tersebut. terima kasih

Yah itulah pertanyaan yang diajukan seorang mahasiswa bahasa Inggris. Pertanyaan ini akan berbeda jawabannya jika diajukan oleh mahasiswa teknik bangunan. Kenapa? Karena scaffollding itu bisa memiliki makna ganda.

Oh ya, pembaca tau yang dimaksud scaffolding kan ya? Itu lho kerangka yang dipake oleh pekerja bangunan untuk memanjat gedung yang tinggi. Nah ini bagi mahasiswa teknik, bukan mahasiswa bahasa Inggris. Tapi ada kesamaan prinsip lho. Scaffolding tadi memang itu kok. Alat bantu untuk melakukan pekerjaan yang sulit, namun bisa dihilangkan jika kerjaan udah selesai atau bisa dikerjakan tanpa scafold.

Nah di sini, dalam pembelajaran bahasa, scaffolding juga demikian. Ia adalah bantuan yang diberikan oleh guru kepada murid untuk melakukan tugas yang lumayan sulit. Ide ini muncul dari teori sosiokultural Lev Vygotsky’s dan konsepnya mengenai zone of proximal development (ZPD). Menurut Graves dan Braaten, scaffolding didefinisikan sebagai proses pemberian bantuan sementara oleh seorang ahli kepada pembelajar untuk “help bridge the gap between what [the learner] know[s] and can do and what [he or she] need[s] to accomplish in order to succeed at a particular learning task.

Agar sukses menggunakan strategi ini dalam mengajar, tentu guru harus memberikan informasi yang lengkap yang dibutuhkan oleh siswanya. Petunjuk lengkap, arahan terhadap siswa, dan peringatan tentang urutan aktivitas dalam kegiatan dan suasana scaffold.Sebenarnya prinsip strategi scaffolding itu ya, bagaimana strategi guru dapat membimbing siswanya dulu sebelum melepaskan siswanya melakukan tugasnya secara mandiri.

Nah dalam writing gimana? Verna Lange menyatakan:

The strategy consists of teaching new skills by engaging students collaboratively in tasks that would be too difficult for them to complete on their own. The instructor initially provides extensive instructional support, or scaffolding, to continually assist the students in building their understanding of new content and process. Once the students internalize the content and/or process, they assume full responsibility for controlling the progress of a given task. The temporary scaffolding provided by the instructor is removed to reveal the impressive permanent structure of student understanding.

Jadi dalam hal ini guru dapat melakukan bantuan agar si siswa memahami apa sich tugasnya dalam kegiatan yang akan mereka lakukan  dan cara mengembangkannya dan lain-lain. Bila siswa sudah terbiasa proses awal (scaffolding) ini dihilangkan. Jadi siswa langsung diberi tugas buat sebuah artikel bla bla bla misalnya. {Eh kayaknya emang udah begitu kok ya selama ini?😛

Yah untuk lebih jelasnya penerapan strategi scaffolding ini silahkan baca juga beberapa artikel berikut yang dapat didownload dalam bentuk document, pdf dan html http://condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/ , http://www.educationworld.com/a_curr/curr218.shtml, http://www.ncolr.org/jiol/issues/PDF/1.2.3.pdf, http://condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/Cano/Cano%20Paper.doc, http://search.epnet.com/direct.asp?an=11246829&db=aph, http://www.aare.edu.au/03pap/ver03682.pdf, http://condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/Pennil/Pennil%20Paper.doc, http://condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/Henry/Henry%20Paper.doc, http://condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/Lawson/Lawson%20Paper.doc, http://condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/Lange/Lange%20Paper.doc.

Selamat membaca semoga dapat menimbulkan ide untuk melakukan penelitian bagaimana dampak strategi scaffolding ini dalam mengembangkan berbagai keterampilan berbahasa.

Sumber

Gay, G., Lesson Design- Constructing Knowledge and Scaffolding Instruction. Retrieved November 14, 2002 from the website of Greg Gay: http://snow.utoronto.ca/Learn2/greg/4294/scffldng.htm

Graves, M.F. and Braaten, S. (1996). Scaffolded reading experiences: bridges to success [Electronic version]. Preventing School Failure, v40 n4, 169-73.

Lange, Verna Leigh. Instructional Scaffolding. Url: http://condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/Lange/Lange%20Paper.doc.

http://condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/

Pennil, Elvani “Teaching Strategy: Exploring Scaffolding.” Url: http://condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/Pennil/Pennil%20Paper.doc

Starr, L. (2000), Teaching the American Revolution: Scaffolding to Success Retrieved November 14, 2002 from Education World Curriculum Article Website: http://www.educationworld.com/a_curr/curr218.shtml

Teacher Question of the Week: What is the significance of Vygotsky’s zone of proximal development, ZPD, and how does it relate to scaffolding? Retrieved November 18, 2002 from Santa Barbara City College’s Disabled Student Programs & Services (DSPS) Website on Learning: http://www.west.net/~ger/vygotsky.html

5 Comments

  1. wahhhhhh…….thanks wat infonya ya mas.
    kebetulan judul skripsi saya juga tentang penggunaan strategi scaffolding untuk meningkatkan kemampuan siswa…….
    semoga ini bisa membantu saya……
    amiiiiiiiiii…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s