Ujian Nasional Sebulan Lagi

Ujian Nasional Sebulan Lagi

Tak terasa kira-kira sebulan lagi UN atau ujian nasional akan kembali di gelar di seluruh Indonesia untuk siswa SMA dan SMP. Ketetapan MA hanya jadi suatu saran perbaikan pelaksanaan UN belaka. Sejauh mana pemerintah telah memperbaiki pelaksanaan dan kesiapan sekolah dalam menyiapkan siswa untuk menghadapi UN tahun ini tidak bisa dipastikan. Mungkinkah persiapan dan pemerataan itu bisa dilakukan hanya beberapa bulan?
Memang tak sedikit siswa maupun pakar pendidikan yang menolak pelaksanaan UN. Yah cuma ibarat anjing menggonggong UN tetap berlalu. Gak tahu ya, apakah pemerintah benar-benar menyadari prinsip keadilan dalam penerapan UN yang merupakan salah satu wujud evaluasi. Jika tujuan awal UN adalah untuk memetakan kualitas pendidikan apakah wajar dijadikan dasar kelulusan tanpa mempertimbangkan proses yang berlangsung selama 3 tahun? Apakah perbaikan kondisi pendidikan dan persiapan UN ini sudah masuk program 100 hari atau 100 hari kedua? Wallahu alam..

Ujian Nasional

Apakah pemerintah mempertimbangkan psikologi siswa yang berada di daerah bencana, seperti Sumatra Barat, Jambi, Jawa Barat, Sulawesi dan Papua. Adilkah siswa yang masih trauma, belajar dibawah tenda (tentu panas), harus disamakan dengan siswa yang dapat belajar dengan tenang, tanpa was-was gempa.
Untuk siswa di Padang dan Pariaman, kondisi psikologi mereka sangat terganggu dengan kondisi saat ini. Jangankan mereka, guru pun masih was-was dan tidak tenang, gempa yang masih menggoyang, isu gempa dan tsunami selalu terdengar, sosialisasi gempa dan evakuasi tsunami dari pemda setiap hari terdengar seakan-akan sudah jadi makanan harian…..
Siapkah psikologi mereka?

Semoga Padang, Pariaman, Pesisir Selatan, dan Sumatra Barat umumnya, serta seluruh wilayah Indonesia selalu aman.

Semoga para pemimpin bangsa lebih arif dan bijaksana.
Amin.
Sukses pendidikan Indonesiaku.

3 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s