Langkah dan Tips Aman ber-facebook

Bookmark and Share
Bookmark and Share
Bookmark and Share


Cara Aman Manggunakan Facebook

Oleh: Havid Ardi

Beberapa saat yang lalu marak pemberitaan penculikan anak dibawah umur dan remaja yang diawali lewat perkenalan di situs jejaring sosial facebook. Orang tua pun khawatir keselamatan anaknya “gara-gara” situs ini seperti dimuat Singgalang (12/2/2010). Selain itu juga banyak kasus penipuan yang awalnya juga melalui situs jejaring sosial ini.

Hal ini dapat diantisipasi jika pengguna paham dan waspada etika dan cara menggunakan facebook dengan aman. Melarang anak-anak untuk menggunakan internet dan facebook bukan solusi. Internet dan facebook merupakan bagian perkembangan teknologi yang juga memberi manfaat jika kita dapat memanfaatkannya dengan baik.

Tidak boleh dilupakan bahwa facebook merupakan salah satu media yang dikenali anak-anak dan remaja lewat mata pelajaran TIK (teknologi dan informasi dan komputer) di sekolah. TIK telah menjadi bagian dari kurikulum pendidikan nasional di Indonesia bahkan menjadi mulok di tingkat SD.

Pembelajaran TIK seharusnya tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab guru TIK. Facebook sebagai jejaring sosial dapat dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran jika guru kreatif dalam memanfaatkan media ini. Misalnya, pemanfaatan facebook untuk belajar bahasa Inggris yang pernah penulis tampilkan dalam seminar internasional asosiasi guru-guru bahasa Inggris di Indonesia (IETA) pada 1-2 Agustus 2009.

Oleh karena itu dituntut peran aktif guru, orang tua, dan keluarga lainnya dalam melindungi anggota keluarga dari bahaya penyalahgunaan facebook. Sebab penyalahgunaan facebook tidak hanya beresiko pada anak-anak. Lantas, bagaimana agar dapat menggunakan facebook dengan aman dan melindungi keluarga anda dari bahaya penyalahgunaan facebook?

Pertama,….
Pertama, orang tua dan guru juga perlu memiliki akun facebook agar dapat selalu mengetahui siapa saja teman-teman anaknya. Guru harus mengingatkan anak-anak untuk meminta izin pada orang tua sebelum membuat akun facebook. Hubungkan akun facebook anak dengan orang tua dan guru. Dengan cara ini orang tua dan guru dapat selalu bersama anak-anaknya.

Kedua, jangan memberi informasi yang terlalu lengkap pada profil anda. Jangan meletakkan alamat rumah dan telepon pada info profil. Pemberian alamat dan no telepon sangat berbahaya dan rentan terhadap tindakan penipuan, penculikan dan tindakan kejahatan lainnya.

Jangan meletakkan foto-foto yang terlalu menarik perhatian orang. Terutama kaum hawa. Pertimbangkan dahulu saat mengunggah (upload) foto ke media facebook, foto anda dapat dilihat siapa saja. Jangan memasukkan foto yang anda sendiri merasa tidak nyaman jika dilihat orang lain. Selain itu, jangan mudah tertipu dengan wajah yang menarik pada akun orang lain. Setiap orang bisa saja menggunakan foto orang lain.

Informasi diri, alamat yang lengkap, no telp, serta foto-foto yang menarik dapat dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab. Informasi data diri anda dapat digunakan dan ditampilkan pada media lain di internet tanpa anda ketahui. Siapkah anda jika ternyata wajah dan no. telepon anda tiba-tiba beredar di situs porno?

Langkah berikutnya, ingat dan beritahu keluarga anda supaya tidak mudah menerima konfirmasi orang yang tidak dikenal. Lihat dulu profil calon teman yang mengajukan konfirmasi. Jika sekolah, kampus atau asal-usulnya tidak anda kenali sebaiknya abaikan saja. Punya banyak teman di jejaring facebook bukanlah suatu prestasi, jadi jangan terlalu bersemangat memperbanyak teman.

Jangan melakukan penghinaan atau pelecehan terhadap orang, lembaga, suku, agama, dan ras lain. Walaupun itu pendapat pribadi dan di akun pribadi anda, semua komentar dan tulisan kita dapat diamati siapa pun. Anda bisa dituntut atas perbuatan melanggar hukum. Pikirkan dulu dalam menulis status atau komentar.

Jangan mudah percaya dan menerima tawaran bisnis, dana, hadiah, dari orang lain. Banyak penipuan yang menggunakan media teknologi. Selain itu, jangan terlalu mudah mengklik tautan (link) video atau aplikasi yang banyak ditawarkan oleh teman-teman. Beberapa tautan dan aplikasi tersebut juga dapat menyebarkan konten yang berbahaya, seperti virus.

Ingatkan keluarga anda jangan mudah menerima tawaran “kopi darat” dengan seseorang yang terlihat gagah atau cantik di akun facebooknya. Waspadalah, saat pertemuan bisa terjadi penculikan, hipnotis yang membayakan diri dan keluarga anda. Beri tahu keluarga atau teman jika anda melakukan pertemuan dengan sahabat facebook anda.

Ingat etika berinternet (nettiquite). Kita tidak boleh mengambil sesuatu tanpa seijin pemiliknya. Dalam facebook juga terdapat karya orang lain, baik foto, tulisan, dan video yang mengkin memiliki “copyright”. Jangan dengan mudah untuk menampilkannya di media. Anda dapat dituduh melakukan plagiat atau pencurian.
Nah jika anda yakin dan mampu melaksanakan beberapa hal di atas, semoga kita, dan keluarga aman dari bahaya penyalahgunaan media komunikasi ini oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s